Minggu, 04 April 2010

Menghadapi Anak Obesitas

Cara menghadapi Anak Obesitas antara lain adalah :

1. Terapkan pla makan yang sehat. Makanan selalu dibeli oleh para orang tua, mereka juga memasak makanan dan mereka juga yang menentukan makanan mana yang akan dimakan. Bahkan perubahan sekecil apa pun dapat menyebabkan perubahan besar terhadap kesehatan anak. Bila sedang berbelanja untuk keperluan sehari-hari, pilihlah buah dan sayuran dibandingkan dengan makanan cepat saji.
2. Batasi minuman manis, sebab minuman manis hanya memberikan sedikit nutrisi dibandingkan dengan kalori yang mereka miliki, juga dapat menyebabkan anak Anda merasa terlalu kenyang untuk makan makanan yang lebih sehat.
3. Pilih resep dan metode memasak yang menggunakan lemak sesedikit mungkin. Contohnya, Anda bisa memanggang ayam ketimbang menggorengnya.
4. Sajikan makanan berwarna-warni di atas meja : sayuran hijau dan kuning, buah aneka warna, dan roti yang terbuat dari whole-grain. Batasi sajian karbohidrat bewana putih : beras, pasta, roti putih, dan gula (sebagai makanan penutup).
5. Biasakan makan besama-sama sekeluarga, buat makan bersama sebagai kebiasaan untuk berbagi bita dan cerita. Jangan makan didepan TV atau Komputer, yang akan menyebabkan anak mengunyah tanpa berpikir.
6. Batasi makan di luar rumah, terutama direstoran cepat saji. Karena banyak pilihan menu pada restoran seperti ini yang tinggi lemak dan kalori.
7. Jangan biasakan makan di depan layer, seperti TV, Komputer, dan Video Game.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar