Kamis, 22 April 2010

JENIS JENIS PARAGRAF BESERTA CONTOHNYA

Narasi :
Saat melintas di jalan Tol JORR Km 54, Cakung Barat, truk container yang disopiri Yopi Sopian Syah (22) dihentikan mobil pelaku. Yopi pun berhenti. Dua pelaku yang mengaku sebagai polisi menghampiri Yopi. Mereka menodong dan mengikat Yopi.

Eksposisi :
Jantan bisa hamil lho
Coba kalian tanya, ayah atau ibu kalian yang yang hamil? Jawabannya pasti ibu. Tapi, ada binatang jantan yang bisa mengandug. Nah lho! Binatang apa itu? Dia adalah kuda laut. Memang yang menghasilkan telur adalah kuda laut betina, tetapi setelah telur itu dihasilkan, mereka akan disimpan di dalam perut ayahnya untuk dibuahi dan dijaga. Setelah 10 hari hingga 16 minggu telur itu menetas, sang ayah kemudian melahirkan bayinya.

Deskripsi :
Suara musik hangar-bingar mengambang ke seantero ruangan gelap sebuah diskotik di Puncak. Suara DJ menyelingi dan memberi semangat kepada puluhan orang yang sedang asyik bergoyang mengikuti irama. Udara dipenuhi asap rokok, warna-warni cahaya yang datang dari bola lampu diskotik di atap ruangan, dan cekikikan pasangan-pasangan yang duduk di pojok-pojok gelap pun sesekali tersorot lampu.

Persuasi :
“Ayok, Nak, diazankan anakmu itu.” Mama mengingatkan, air matanya masih berlinangan, meskipun jua terus mensyut kondisi cucunya. Aku mendekati anakku yang masih menangis keras dalam buntalan kain di gendongan perawat. Ini tugas pertamaku sebagai seorang ayah. Aku akan mengazankannya, tentu saja. Perawat menyerahkan anakku ke pangkuanku. Aku masih merasa rikuh menerimanya. Takut cara menggendongku salah. Mujurlah, perawat membantu membereskan cara menggendongku.

Argumentasi :
Mempertahankan kesuburan tanah merupakan syarat mutlak bagi tiap-tiap usaha pertanian. Selama tanaman dalam proses menghasilkan, kesuburan tanah ini akan berkurang. Padahal kesuburan tanah wajib diperbaiki kembali dengan pemupukan dan penggunaan tanah itu sebaik-baiknya. Teladan terbaik tentang cara menggunakan tanah dan cara menjaga kesuburannya, dapat kita peroleh pada hutan yang belum digarap petani.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar